GEJALA STROKE RINGAN DAN PENCEGAHANNYA

gejala stroke ringan

Gejala Stroke – Stroke ringan merupakan kondisi yang membutuhkan penangan dengan segera. karena kondisi stroke akan semakin parah bila dibiarkan terus. selain itu pemahaman mengenai apa itu stroke ringan dapat anda ketahui, agar stroke ringan dapat dengan segera dicegah sebelum gejala stroke ringan semakin berkelanjutan.

Apa Itu Stroke Ringan ?

Stroke ringan adalah kondisi dimana terhambatnya aliran darah menuju otak sehingga otak kekurangan pasokan darah dan oksigen yang cukup. kondisi ini akan membuat beberapa gangguan keseimbangan tubuh. terhambatnya aliran darah menuju otak diakibatkan oleh kolesterol yang menumpuk dalam arteri dan membentuk plak keras sehingga menyumbat pembuluh darah tersebut. Adapun faktor penyebab stroke ringan lainya yaitu :

  1. Faktor Usia Dan Jenis Kelamin
    Pada Umumnya stroke menyerang kepada mereka yang memiliki usia lebih dari 50 tahun serta laki laki lebih berisiko terkena stroke dibandingkan perempuan. untuk itu pada usia lanjut harus tetap benar-benar dalam menjaga kesehatan tubuh dengan menghindari makanan tinggi kolesterol dan olahraga yang rutin.
  2. Faktor Keturunan
    Faktor keturunan atau sering disebut dengan genetika adalah faktor pemicu utama terkenan gejala stroke ringan. jadi jika anda memiliki keluarga yang pernah atau sedang menglami stroke maka andapun dapat berpotensi terkena juga. selain itu faktor genetika dapat meningkatkan risiko terkena stroke pada usia muda.
  3. Faktor Obesitas
    Obesitas adalah salah satu faktor penyebab stroke yang disebabkan karena kelebihan berat badan. kelebihan berat badan dapat memicu munculnya kolesterol jahat pada tubuh yang dapat menghambat aliran darah menuju otak.
  4. Faktor Gaya Hidup
    Gaya Hidup yang kurang sehat harus segera anda hindari agar terhindari dari gejala stroke ringan pada usia muda ataupun tua. yaitu dengan menghindari makanan-makanan tinggi lemak dan kolesterol.

Gejala Stroke Ringan

Tingkat bahaya tergantung pada kondisi tubuh, apabila kondisi tubuh sedang dalam keadaan baik maka penangan dini dapat menyelamatkan kondisi stroke anda. sedangkan bila kondisi tubuh sedang tidak sehat maka akan menimbulkan masalah yang lebih serius bahkan kematian. Berikut adalah gejala stroke ringan yang biasa dirasakan oleh penderita :

  1. Bingung dan gelisah
  2. Mengalami kelumpuhan pada bagian tubuh tertentu
  3. Kesulitan berbicara dan kesulitan memahami topik pembicaraan
  4. Penglihatan menjadi kurang jelas
  5. Kehilangan keseimbangan yang ditandai dengan kepala yang pusing

Pencegahan Stroke Ringan

Penurunan risiko terkena penyakit stroke dapat anda lakukan dengan membiasakan gaya hidup yang baik dan sehat. berikut adalah gaya hidup sehat yang dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit stroke

  1. Olahraga
  2. Melakukan Diet
  3. Menurunkan Terkanan Darah Tinggi
  4. Berhenti Merokok
  5. Berhenti Meminum Alkohol
  6. Konsumsi Kumadu Herbal Kunyit
  7. Hindari Makanan tinggi lemak
  8. Hindari Makanan atau minuman dengan kandungan gula cukup tinggi
  9. Biasakan memakan sayuran sehat

(Sumber:Google)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*