MAKANAN UNTUK PENDERITA STROKE DAN DARAH TINGGI

MAKANAN UNTUK PENDERITA STROKE DAN DARAH TINGGI

Makanan Untuk Penderita Stroke Dan Darah Tinggi – Penyakit stroke dan darah tinggi merupakan penyakit yang saling berhubungan karena penyakit darah tinggi adalah salah satu penyebab utama yang dapat memicu penyakit stroke. Semakin tinggi tekanan pada tubuh maka semakin tinggi pula tekanan pada pembuluh darah.
Jika penyakit darah tinggi tidak segera ditangani maka hal ini akan mengakibatkan pecahnya pembuluh darah pada otak.

Pecahnya pembuluh darah pada otak sering disebut juga dengan stroke hemogarik. jenis stroke ini merupakan jenis stroke yang berat karena bila dibiarkan hal ini dapat menimbulkan kerusakan sel-sel otak bahkan sampai pada kematian. Untuk itu dari sekarang mulai lah perbaiki gaya hidup dengan hindari makanan yang dapat menimbulkan stroke dan darah tinggi, olahraga yang rutin dan lakukan pemeriksaan kedokter secara rutin. selain itu ubahlah pola makan menjadi lebih sehat dan aman dari stroke dan darah tinggi. Berikut adalah makanan untuk penderita stroke dan darah tinggi.

Makanan Penderita Stroke Dan Darah Tinggi

  1. IKAN
    Ikan merupakan makanan yang mudah disajikan, dan mudah ditemukan dibeberapa pasar. Selain itu ikan adalah makanan yang mengandung kaya akan gizi yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi ikan secara rutin maka tekanan darah tinggi anda akan semakin menurun dan mengurangi risiko pecahnya pembuluh darah pada otak.
  2. BERAS MERAH
    Beras merah adalah jenis makanan untuk penderita stroke dan darah tinggi yang cukup efektif dalam menurunkan darah tinggi dan mencegah stroke berat. Karena didalam beras merah mengandung serat, mangan dan anti-oksidan yang bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi, menangkal radikal bebas dan membantu program diet.
    Beberapa Peneliti dari harvard menemukan bahwa seringnya mengkonsumsi biji-bijian dapat menurun kan tingkat risiko penyakit stroke dan darah tinggi.
  3. OATMEAL
    Oatmeal merupakan jenis makanan yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi, Karena oatmeal mengandung karbohidrat dan serat yang cukup tinggi dan mudah dicerna. selain itu oatmeal terkandung protein, kalori dan lemak baik yang dapat membantu penyerapan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko terkena penyakit stroke berat.
  4. BUAH-BUAHAN SEGAR
    Dengan mengkonsumsi buah-buahan segar seperti apel, pisang, pir, apluket, anggrur, pepaya, jambu biji, dan jeruk akan membantu dalam menurunkan darah tinggi serta mengobati penyakit stroke secara bertahap. Karena dalam buah-buahan tersebut terdapat serat yang larut air. selain itu selat tersebut dapat mengikat asam empedu dan menurunkan penyerapan kolesterol dalam darah.
  5. MADU HERBAL
    Madu merupakan jenis makanan favorit sebagian masyarakat luas, selain rasanya yang lezat madu pun kaya akan khasiat didalamnya yang dapat melenturkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga gula darah agar tetap stabil.

Itulah jenis makanan untuk penderita stroke dan darah tinggi yang dapat anda konsumsi agar tekanan darah tinggi anda tetap stabil dan tidak menimbulkan stroke berat. (Sumbe:Google)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *