PANTANGAN MAKANAN DAN MINUMAN PENDERITA STROKE

PANTANGAN MAKANAN DAN MINUMAN PENDERITA STROKE

Pantangan Makanan Stroke – Penyakit stroke merupakan masalah kesehatan yang harus diwaspadai, karena penyakit stroke dapat membahayakan kondisi kesehatan tubuh kita. perlu diketahui stroke adalah kondisi dimana tersumbat atau pecahnya pembuluh darah pada otak. tersumbatnya pembuluh darah dapat mengakibatkan otak kekurangan pasokan darah dan oksigen yang cukup, sehingga hal ini dapat menimbulkan kehilangan keseimbangan pada tubuh, istilah ini sering dikenal dengan stroke iskemik. Sedangkan pecahnya pembuluh darah dapat menimbulkan kehilangan keseimbangan tubuh yang disertai dengan matinya sel-sel pada otak, istilah ini sering disebut juga dengan stroke hemoragik.

Faktor utama penyebab stroke adalah faktor gaya hidup yang tidak baik atau kurang sehat, terutama dalam masalah makanan atau minuman yang kita konsumsi. untuk itu penting sekali kita memperhatikan apa saja makanan atau minuman yang menjadi penyebab stroke dan juga menjadi pantangan makanan atau minuman penderita stroke.

Pantangan Makanan Dan Minuman Penderita Stroke

  1. Makanan dengan kandungan kolesterol cukup tinggi
    Kolesterol merupakan zat yang berguna bagi keseimbangan tubuh akan tetapi kolesterol yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan tubuh. selain itu kolesterol tinggi dapat meningkatkan penggumpalan darah pada tubuh yang dapat mengakibatkan stroke. berikut adalah makanan yang mengandung kolesterol cukup tinggi :

    1. Daging merah (daging sapi, daging domba)
    2. Otak Sapi
    3. Seafood (udang, kepiting , lobster, telur ikan, kerang tiram)
    4. Keju
    5. Sosis
    6. Kuning Telur
  2. Makanan dengan kandungan garam yang tinggi
    Tubuh yang memiliki kadar garam cukup tinggi dapat mengganggu keseimbangan cairan pada tubuh, sehingga hal ini dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi.
    Tingginya tekanan darah pada tubuh dapat mengakibatkan penekanan pembuluh darah pada otak. apabila tidak segera ditangani hal ini dapat memecahkan pembuluh darah pada otak tersebut.
    Untuk itu segera batasi penggunaan garam agar tidak memperparah kondisi stroke anda.
  3. Makanan yang mengandung gula
    Mengkonsumsi makanan yang mengandung gula cukup tinggi secara berlebihan dapat mengakibatkan penyakit gula darah atau sering disebut dengan diabetes.
    Penyakit diabetes juga menjadi penyebab kedua dari penyakit stroke, karena penyakit diabetes dapat membuat semakin menipisnya pembuluh darah pada otak dan berisiko tinggi merusak pembuluh darah.
  4. Makanan dengan bahan pengawet
    Makanan dengan bahan pengawet harus dihindari penderita stroke, karena jenis makanan dengan bahan pengawet mengandung nitrat dan nitrit yang merusak pembuluh darah serta menyempitkan arteri, seperti pada makanan instan atau kaleng.
  5. Minuman Soda
    Soda merupakan minuman favorit sebagian orang, akan tetapi mengkonsumsi soda secara berlebihan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh,selain itu soda juga menjadi penyebab stroke yang jarang disadari.
    Soda memiliki kandungan gula lebih banyak dari makanan manis, sehingga hal ini tentu dapat mengakibatkan diabetes dan stroke.
  6. Alkohol
    Sebuah penelitian menunjukan bahwa meminum alkohol yang berlebihan dapat mengakibatkan penyakit stroke dan lebih berisiko terkena stroke hemoragik atau pecahnya pembuluh darah serta memperparah kondisi stroke penderita.
    Untuk itu segera hindari alkohol agar penyakit stroke yang anda alami tidak semakin berkelanjutan. (sumber:Google)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *