PENGERTIAN STROKE ISKEMIK AKUT

PENGERTIAN STROKE ISKEMIK AKUT

Pegertian Stroke – Store iskemik merupakan penyakit pembunuh no 1 di Indonesia. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam memahami pengertian stroke iskemik, penyebab stroke iskemik dan gejalanya. Perlu diketahui stroke terbagi menjadi dua, yang pertama adalah stroke hemoragik atau stroke yang disebabkan karena pecahnya pembuluh darah pada otak, stroke ini cukup berbahaya bahkan dapat menimbul kematian dalam waktu yang cepat. akan tetapi jumlah penderita dari jenis stroke ini hanya sedikit. Dan yang kedua adalah stroke Isemik atau stroke yang diakibatkan karena tersumbatnya pembuluh darah sehingga otak kekurangan pasokan darah dan oksigen. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai stroke iskemik.

Pengertian Stroke Iskemik

Stroke Iskemik adalah kondisi dimana pembuluh darah pada otak menyempit atau tersumbat, sehingga otak akan kekurangan pasokan darah dan oksigen yang cukup. Menyempit atau tersumbatnya saluran darah disebabkan oleh tumpukan lemak pada pembuluh darah yang membentuk plak keras sehingga menghalangi saluran pembuluh darah tersebut.

Seseorang yang Mengalami stroke iskemik akan mengalami beberapa gejala berikut :

  1. Mudah gelisah dan bingung
  2. Kelumpuhan pada wajah
  3. Kehilangan keseimbangan tubuh
  4. Sakit kepala hebat
  5. Terganggunya penglihatan
  6. Jatuh tanpa sebab
  7. Kesulitan untuk berjalan
  8. Susah untuk berbicara
  9. Susah Memahami Pembicaraan

Tingkat bahaya gejala stroke iskemik tergantung pada kondisi tubuh yang sedang kita rasakan. Apabila kondis tubuh sedang dalam keadaan baik maka gejala stroke iskemik masih dapat ditangani dengan mudah. sedangkan apabila kondisi tubuh kita sedang tidak baik atau sedang mengidap penyakit lain maka gejala stroke iskemik ini akan cukup membahayakan kondisi anda.

Untuk itu dengan mengenal gejala stroke iskemik dari awal maka penyakit stroke skemik akan mudah untuk ditanggapi dan diatasi dengan cepat.

Penyebab Stroke Iskemik

Stroke iskemik terjadi karena tersumbat saluran pembuluh darah ke otak, berikut ini adalah hal yang dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah pada otak tersebut,

  1. Tekanan darah tinggi
    Tekanan darah tinggi merupakan penyebab stroke iskemik yang dikarenakan semakin tingginya tekanan darah tinggi pada tubuh maka semakin besar pula tekanan pada pembuluh darah. Jika darah tinggi tidak segera ditangani maka penyakit stroke iskemik akan semakin berbahaya karena tekanan darah tinggi pada memecahkan pembuluh darah pada otak.
  2. Pola makanan yang tidak teratur dan kurang sehat
    Makanan yang kurang sehat merupakan salah satu penyebab utama beberapa penyakit terutama untuk penyakit stroke. makanan yang dapat membuat tersumbatnya pembuluh darah pada otak ialah Daging merah, Makanan manis, soda, nitrat dan nitrit.
  3. Berat badan berlebihan
    berat badan berlebihan atau sering juga disebut dengan obesitas juga dapat menjadi penyebab seseorang terkena stroke, karena lemak berlebihan pada tubuh dapat menyumbat saluran pembuluh darah pada tubuh dan mengakibatkan stroke iskemik.
  4. Kolesterol tinggi
    Tingginya kadar kolesterol pada tubuh tentu tidak baik untuk kesehatan. selain itu kolesterol tinggi dapat mengkibatkan menumpukan lemak jenuh pada pembuluh darah dan membentuk plak keras. sehingga hal ini dapat menghambat aliran darah ke otak.
  5. Jarang berolahraga
    Olahraga merupakan aktifitas yang dapat meningkatkan kolesterol baik pada tubuh. kolesterol baik dapat menyapu plak plak yang menyumbat saluran pembuluh darah. jadi jka barang berolahraga maka plak pada pembuluh darah akan semakin sulit untuk dibersihkan.

itulah beberapa hal yang dapat menyumbat pembuluh darah pada otak, akan tetapi ada pula faktor stroke lainya yaitu faktor genetika atau keturunan. Faktor genetika adalah faktor penyebab stroke iskemik yang diakibatkan karena orang tua yang pernah memiliki riwayat penyakit stroke, karena stroke merupakan penyakit turunan yang dapat diturunkan kepada anak atau saudaranya. (Sumber:Google)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *