ULASAN MENGENAI KOLESTEROL TINGGI

Pengertian Kolesterol Tinggi – Masyarakat sering menganggap bahwa kolesterol merupakan sebuah penyakit yang harus diwaspadai, akan tetapi kolesterol merupakan zat yang sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh dan pembentukan beberapa hormon. kolesterol dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan seperti susu, keju, daging, ikan, sayuran dan buah buahan. Bila kadar kolesterol pada tubuh kita berlebihan,maka inilah yang harus kita waspadai, karena ini dapat mengakibatkan penyakit komplikasi yaitu stroke dan jantung koroner. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai kolesterol tinggi yang dapat anda simak.

Pengertian Kolesterol Tinggi

Kolesterol Tinggi adalah kondisi dimana menyempitnya atau tersumbatnya pembuluh darah yang disebabkan oleh plak pada arteri yang menghalangi aliran darah. hal ini perlu ditangani dengan cepat agar tidak memperparah kondisi kolesterol tinggi anda. Adapu beberapa jenis kolesterol yang dapat anda ketahui

  1. Kolesterol Jahat, atau sering disebut juga dengan Low Density Lipoprotein(LPL) ialah kolesterol yang dapat menimbulkan plak pada pembuluh arteri yang dapat membuat aliran pembuluh darah menjadi sempit dan tersumbat, sehingga kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko penyakit stroke dan jantung.
  2. Kolesterol Baik, atau sering disebut juga dengan High Density Lipoprotein(HDL) ialah kolesterol yang membawa atau menyapu bersih plak yang menyumbat aliran darah ke hati. Kelebihan kolesterol baik tentu akan menyehatkan tubuh anda. kolesterol baik dapat diproduksi dengan olahraga rutin dan hindari makanan atau minuman yang menjadi penyebab kolesterol tinggi.

Makanan Atau Minuman Penyebab Kolesterol Tinggi

Penyebab utama kolesterol tinggi adalah makanan yang mengandung lemak jenuh cukup tinggi. Jika dikonsumsi tentu saja hal ini dapat mengakibatkan terhambatnya aliran darah yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi. berikut adalah makanan yang harus dihindari agar tidak terkena kolesterol tinggi

  • Daging Sapi/Domba
  • Daging Ayam
  • Telur
  • Susu
  • Keju
  • Hati
  • Udang
  • Cumi-cumi
  • Cokelat
  • Alkohol

Selain makanan dan minuman terdapat juga faktor lain yang dapat memicu terkena penyakit kolesterol tinggi yaitu faktor hipertensi, keturunan, jarang berolahraga, perokok, dan diabetes.

Ciri-Ciri Yang Mengindikasikan Kolesterol Tinggi

  1. Sakit Kepala disertai dengan Emosi yang tidak terkendali
    Jika anda mengalami sakit kepala dan Emosi anda tidak terkendali seperti biasanya, hal itu bisa saja menjadi gejala kolesterol tinggi. karena tingginya kada kolesterol jahat pada tubuh sehingga aliran darah pun terganggu, sehingga kurangnya suplai darah dan protein ke otak.
  2. Sulit Bernafas Dan Nyeri Dada
    Kesulitan bernafas dapat menjadi tanda jika anda terkena penyakit kolesterol tinggi. hal ini dapat terjadi karena kurangnya pasokan darah dan oksigen pada jantung yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi yang membuat sempitnya pembuluh arteri
  3. Sering Kesemutan pada kaki
    Penderita kolesterol seringkali terasa kesemutan pada kaki, hal ini disebabkan oleh kolesterol tinggi yang membuat peredaran darah pada tubuh menjadi tidak stabil.
  4. Kehilangan Keseimbangan dan mudah lelah
    Kehilangan keseimbangan merupakan tanda atau ciri jika anda terkena penyakit kolesterol tinggi yang disebabkan oleh melemahnya otot kaki karena aliran darah tidak stabil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*